Selasa, 24 April 2012

WAWANCARA #1 : YANTO OEBANOISTIC

Sejak kapan lo mulai aktif di komunitas musik bawahtanah Bengkulu dan apa sih yg ngedorong lo buat terus bertahan mainin musik ekstrim?
Untuk urusan suka musik metal mungkin kira2 d tahun 1997 yang sedikit memberikan virus ke kuping..... dan selepas aku dinyatakan lulus sekolah di tahun 1998, aku mencoba mencari beberapa masukan tentang musik itu sendiri dan yg kecantil di otakku musix extreeme yg lumayan bisa membuat ku teriak... “aarrrrggggttthhhh....” dan sampai saat ni aku tetap bertahan di jalur ni karna musik extreme tu sendiri telah banyak memberikan konstribusi positif pada diri aku dan memberikan banyak teman di luar jangkauan tangan untuk bersalaman langsung mungkin aku akan mati di jalur musix extreeme.......





Setau gue lo berperan sebagai vokalis di Freemason dan Gentayangan. Bisa diceritain gak sedikit info dan sejarah dari kedua band itu? Dan selain di dua band itu, lo main di band apa lagi?
Singkat aja nih, Freemeson tu berdiri tgl 22 agustus 1999 dan aku mulai masuk ke Freemeson antara tahun 2000 - 2002 mengantikan Rudi Codot yg mengundurkan diri dari vokalis Freemeson.

Sekilas tentang Gentayangan, dulu aku punya ambisi kapan aku bisa masuk ke line up Gentayangan yg dulunya notabene seluruh personilnya gondrong semua..... Akhirnya setelah aku gondrong aku bisa di terima (wkwkwkkwk). Ada 2 personil Freemeson di line up gentayangan saat ni aku dan Citra (drums).  Ayo gentayangan Bangkit lagi Oiii!! 
Klo dulu pernah maenin musik crusty punk sama teman2 Kanker Otak..Tapi sekarang bandnya udah RIP

Masing2 band lo itu mainin musik yg kaya gimana sih?
klo Freemeson mainin musik brutal death noise grind... dan klo Gentayangan gak jauh2 amat dari Freemeson, tapi yang buat kita beda Freemeson sedikit maenin sentuhan grindnya... Tapi klo Gentayangan sedikit death dan corenya lebih di utamakan (maaf bro...klo gk salah gitu ya devi end jaboy? hehehe)

Main di acara mana yang paling berkesan buat lo?
Kalo masalah main di mana yg berkesan, kayaknya secara aku pribadi sangat berkesan semua.. walaupun kadang sukses or gaknya.. hehehhe dan yg paling berkesan saat maen di Lampung tuh..... massa punk dan masa extreme metalnya berbaur buat moshing ria. .
Dan di Palembang saat kami maenin lagu ke 2, orang-orang pada maen badminton di bawah panggung tanpa sepengetahuan kita...wwkwkkww mungkin keasikan manggung kali ya wkwkwkwk.

Apa cita2 lo main di band yg sampe sekarang belom kesampaian?
Eemmm...cita2 aku maen di band apa ya? Kalo aku sih gak muluk-muluk : bisa tetap di jalur extreme musik aja, dan Freemeson bisa memberikan kontribusi positif dalam meramaikan musik extreme di tanah air tempat aku mati nanti, udah cukup membuat aku tertawa di neraka..  wkwkwkk

Coba berikan 10 album favorit versi Oebanoistic!
Kalo 10 album apa aja ya.....mungkin sama ma teman2 yg suka musik extreme metal tp klo di tanya bandnya ni dia yang aku suka
1. Lust of decay
2. Dissavowed
3. Dying fetus
4. Gorgasm
5. Disgore (usa)
6. Canibal Corpse
7. Suffocation
8. Disinfected
9. Bleeding corspe
10. Nah, terakhir Freemeson dan Gentayangan wkwkwkkw ..dan banyak lagi.

Beberapa kali lo manggung dengan dandanan mummi. Kenapa lo pilih mummi?
Untuk membedakan freemeson dan gentayangan.. Kalo aku pake mummy berati Freemeson yang tampil, tapi klo gak berarti Gentayangan Wkkwkw.

Waktu nonton Freemason main di Tunas Cadas Sayap Kiri, gue denger judul lagu2nya agak catchy. Klo gak salah ada “Muka Metal RBT Dangdut”, trus ada “Jalan-Jalan ke Neraka” (lagu tentang anggota DPR RI yg jalan2 terus ke luar negeri dengan alasan studi banding). Itu semua lagu sendiri ya? Udah pernah direkam belom?
Kalo masalah lagu yang di bakan di Tunas Cadas Sayap Kiri tu semua ngawur. Yang benar perumpamaan dari judul lagu kami jalan2 ke neraka = tak ada otak di lagu kami... Kalo muka metal RBT dangdut.... wkwkwkwkwkwkkwkwkwkk...(maaf bro....no coment)

Apa pendapat lo tentang band musik ekstrim yang dirilis major label?
Selagi mereka memberikan konstribusi positif buat scene metal itu sendiri up to you........ Toh dulu banyak band gitu yang cepat dikenal oleh scene metal tu sendiri.......yang jelas klo aku pribadi aaarrrggggtttthhhhhh...........

Apa pendapat lo tentang Terlaknat zine?
Terlaknat zine itu sendiri moga bisa memberikan perubahan dan pencerahan buat scene metal Bengkulu dan scene metal tanah air itu sendiri. Jangan takut metal akan mati ...selagi kalian masih hidup metal tak akan pernah mati..........

Ok, yang terakhir.. ada yg pengen lo sampaikan buat pembaca Terlaknat zine?
Buat yang suka baca zine ini... jangan di buang setelah di baca tapi tolong dicerna dan jangan di telan mentah2 apa yg di sampaikan zine-zine extreme metal yg ada di tanah air atau di dunia ini. Ambil sisi positifnya. Dan moga Terlaknat zine ni bisa memberikan sedikit pengetahuan yg belom kita miliki.. Stay brutal........aaaarrrgggttthhh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar